Jumat, 23 November 2012

cara mengatasi rasa Nervous

Mengatasi Rasa Cemas, Takut, Nervous yang Berlebihan

Pernahkah anda mengalami jantung berdegup sangat kencang, tak beraturan dan keringat dingin ketika nerveous, cemas atau takut?
Saya mengalaminya sejak kelas 4 SD. Ketika saya merasa panik, ketakutan, nervous terkadang jantung saya berdegup sangat kencang, tak beraturan dan telapak tangan berkeringat dingin. Saya coba tarik nafas dalam-dalam, relax dan ketika denyut jantung perlahan-lahan akan stabil, rasanya sakit dibagian rahang gigi (eneg) lalu seperti aliran darah naik ke otak.

Awalnya saya pikir ini adalah penyakit jantung. Setelah saya mencoba pergi ke dokter dan memeriksa kondisi saya, ternyata dua dokter mengatakan jantung saya sehat. Dokter menyarankan untuk berolahraga yang teratur. Dokter mengatakan bahwa penyakit jantung dapat disebabkan oleh beberapa faktor , kalau karena penyumbatan, ia rasa di usia saya tidak terjadi. Ia mengatakan bisa juga karena faktor psikomatis, dan sebagainya. “Sekarang yang harus dicari adalah penyebabnya,” kata dokter.
Setelah dari dokter, saya melakukan introspeksi. Apa sebenarnya yang saya butuhkan untuk kesehatan jantung saya? Mungkin karena perasaan nervous, takut dalam porsi yang berlebih selain itu mungkin juga karena kecapean. Ketika saya dihadapkan kepada beberapa tantangan, saya coba untuk tenang dan ternyata memang benar saya harus bisa mengendalikan keadaan. Selain itu, sekarang saya sedikit menyisakan waktu untuk hiburan seperti karoke-an di rumah , berkumpul bersamam teman-teman atau pun nonton.
Berikut ada cara yang saya kutip dari google:
Cara Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas

1. istirahat agar tenang secara fisik.
2. Alihkan perhatian dari hal yang mencemaskan selama 15 menit dengan jalan di sekitar tempat kediaman, membuat secangkir teh atau mandi.
3. Jika jantung berdenyut lebih cepat atau telapak tangan berkeringat, yang paling baik adalah jangan diperangi.
Letakkan telapak tangan di perut dan bernafas perlahan dan dalam (tidak lebih dari 12  nafas per menit) membantu menenangkan badan.
4. bantu pikiran anda terbiasa mengatasi panik dan dapat menghilangkan rasa takut.
5. Ambil waktu untuk memejamkan mata dan membayangkan sebuah tempat yang aman dan tenang.
6. Menceritakan rasa takut dapat menghilangkan banyak ketakutan.
7. Tidur yang baik, makanan lengkap dan sering jalan kaki merupakan obat terbaik untuk mengatasi keresahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Shindy IndhyEe PouTrEeArSyaD Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos